Kukuhkan 679 Wisudawan, STAIN Bengkalis Gelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IX/XXIII Tahun 2022

Bengkalis – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IX/XXIII Tahun 2022, Rabu (14/12/2022).

Prosesi berlangsung khidmat di halaman utama kampus dan dipimpin langsung oleh Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag selaku pimpinan senat. Hadir juga Bupati Bengkalis yang diwakili oleh Wakil Bupati Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Dandim Bengkalis, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Kepala Kantor Kemenag Bengkalis, Direktur BSI Bengkalis, Direktur BRI Bengkalis, Kepala Desa Senggoro, Ketua Baznas Bengkalis, Ketua MUI Bengkalis dan tamu undangan lainnya.

Sidang Senat Wisuda Sarjana STAIN Bengkalis Tahun 2022 mengusung tema “Lulusan Bermartabat, Berkarakter Beradab, Penjaga NKRI Wilayah Perbatasan” dan diikuti sebanyak 679 wisudawan/wati dari 14 program studi.

Ketua STAIN Bengkalis, Prof. DR. H. Samsul Nizar, M.Ag mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan/wati yang telah dikukuhkan. Beliau turut menyampaikan pesan kepada seluruh sarjana yang telah diwisuda untuk senantiasa rendah hati dan menjunjung tinggi adab serta akhlak dalam bertindak.

“Ijazah hanya sebagai bukti seseorang pernah menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan gelar sebagai bukti seseorang telah memiliki selembar ijazah. Bukti seseorang berilmu hanya bisa terlihat dari kualitas adab dan dinamika akalnya membangun peradaban melalui karya-karya yang mencerdaskan.” Ungkap Prof. Samsul.

 

Selanjutnya sebuah harapan, agar para wisudawan dapat menjadi menjadi kebanggaan yang tidak hanya bagi diri sendiri, civitas akademika, dan keluarga, namun juga bagi peradaban Kabupaten Bengkalis.

Ucapan tahniah dan selamat juga disampaikan oleh Bupati Bengkalis melalui Wakil Bupati, H. Bagus Santoso. Beliau yang merupakan Alumni STAI Bengkalis turut memotivasi kepada seluruh wisudawan untuk terus belajar dan meraih cita-cita.

“Sebagai seorang sarjana harus terus bergerak, berinovasi dan memiliki kompetensi yang mumpuni agar mampu bersaing secara global, serta memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja baru. Terus gali skill dan kompetensi, kalian adalah orang orang beruntung dan hebat, karena tidak semua orang bisa mengenyam pendidikan hingga gelar sarjana.” Ungkapnya.

Prosesi wisuda berlangsung meriah. Diantara 679 wisudawan, STAIN Bengkalis memberikan penghargaan kepada 3 wisudawan terbaik jurusan dan 14 wisudawan terbaik program studi. Selain itu, sebanyak 297 wisudawan juga berhasil lulus dengan predikat Pujian.